Merapi Lava Tour, Menikmati Suasana Merapi Dengan Gaya Berbeda

Jeep Merapi Lava Tour, alternatif liburan yang menawarkan pengalaman berbeda dan mengesankan dengan melintasi medan jalanan yang terjal dan berbatu.

jeep merapi lava tour menikmati suasana merapi dengan suasana berbeda

Merapi Lava Tour memang menjadi sebuah alternatif liburan yang menawarkan sebuah pengalaman berbeda dan mengesankan. Melakukan tour Merapi, biasanya Anda terlebih dahulu harus menyewa sebuah jeep sebagai alat transportasi yang digunakan untuk melewati medan jalanan sekitaran gunung Merapi yang terjal dan berbatu.

Bagi Anda yang menyukai wisata penuh adrenalin, melakukan tour Merapi tentu menyisakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Wisata tour Merapi ini merupakan sebutan untuk beberapa objek wisata sekitaran gunung Merapi, yang terletak di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung vulkanik yang termasuk sebagai jenis gunung paling aktif di Indonesia ini hingga sekarang masih sering menunjukkan aktivitas vulkanismenya. Pasca erupsi besar yang menerjang pada tahun 2010 lalu, sampai merenggut nyawa sang juru kunci yang fenomenal, yakni Mbah Maridjan, bagian sekitar lereng gunung di sisi selatan kini rata dengan tanah, karena diterjang lahar panas pada saat itu.

Tips Aman Berwisata Merapi Lava Tour Untuk Anda


Setelah bagian di sisi selatan lereng gunung Merapi ini rata dengan tanah dan menyisakan lautan pasir yang sangat luas, para warga sekitar mengajak bekerjasama dengan pihak-pihak investor dari tempat lain, mengubah wilayah tersebut menjadi pariwisata yang kini bertajuk Merapi lava tour.

Wisata ini sendiri merupakan jenis wisata adventure yang menawarkan petualangan menyusuri lautan pasir yang berbatu sisa dari erupsi dengan mengendarai Jip. Dikembangkan sejak tahun 2014 hingga 2015, wisata ini semakin banyak dikenal dan diminati oleh berbagai pengunjung baik lokal, maupun wisatawan mancanegara.

Mengingat jenis wisata di tempat ini adalah petualangan, sebelum memutuskan untuk melakukan wisata tour Merapi, ada banyak hal yang sebaiknya harus Anda persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini cara berwisata dengan menyenangkan dan aman yang harus Anda perhatikan.

Siapkan Pakaian Hangat

Liburan di lereng gunung memang akan menyuguhkan suasana yang berbeda jika dibandingkan dengan tempat lainnya, sama halnya ketika memutuskan Merapi lava tour. Karena berada di dataran tinggi, tentu cuaca dan temperatur suhu ruangan akan lebih dingin. Hal ini sangat wajib bagi Anda untuk mempersiapkan pakaian hangat agar tetap nyaman.

Sepatu Khusus

Medan jalanan yang cukup terjal dan berpasir, sangatlah penting untuk Anda perhatikan. Menggunakan sepatu khusus saat Anda offroad , merupakan salah satu perlengkapan safety untuk menjaga keamanan dan kenyamanan petualangan Anda.

Pastikan Kondisi Cuaca

Cuaca memang merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan untuk berlibur lava tour Merapi. Hal tersebut akan membantu Anda memprediksi keamanan saat proses offroad. Jika kondisi cuaca sedang hujan, maka proses perjalanan akan terhambat karena kendaraan yang digunakan adalah jeep bak terbuka, sehingga tidak dianjurkan digunakan saat sedang turun hujan.

Rute Perjalanan Merapi Lava Tour

Saat memutuskan untuk berlibur dengan melakukan Tour di sekitar gunung Merapi, pastikan terlebih dahulu mengetahui jalur yang akan Anda lewati. Pada umumnya, rute perjalanan akan dibedakan menjadi 2 jalur berbeda.

Pertama, jalur di terminal Tlogo Putri, Kaliurang, sementara yang kedua berawal dari Dusun Ngrangkah Desa Pangukrejo, Umbulharjo. Menyusuri setiap jalan menggunakan jip terbuka, seorang wisatawan akan menikmati pemandangan khas lereng gunung Merapi yang sangat menawan.

Selain itu, untuk rute trip sendiri, terdapat tiga pilihan yang disediakan untuk wisatawan yaitu short trip, medium trip, dan long trip. Semakin panjang trip yang Anda pilih, maka akan semakin lengkap pula rute yang akan dilewati.

Menikmati Keindahan Merapi Dengan Melakukan Merapi Lava Tour

Berada di kawasan pegunungan sangat asri dengan udara yang sejuk berpadu dengan keindahan suasana gunung Merapi memang merupakan sebuah pengalaman yang tidak akan terlupakan. Selain keindahannya, gunung Merapi menyimpan banyak cerita misteri yang tidak kalah mengundang rasa keingintahuan setiap orang sehingga memutuskan untuk berwisata ke tempat ini.

Ada juga wisata museum di tempat ini. Museum yang diberi nama sisa hartaku ini menceritakan peristiwa letusan Merapi yang meluluh lantakkan tempat ini. Ada beberapa barang yang sengaja dipajang sebagai sisa sejarah seperti botol kaca yang meleleh, kerangka sepeda motor, peralatan dapur, dan televisi, serta mesin jahit yang kusam diselimuti abu.

Kapan Waktu Paling Tepat Untuk Melakukan Merapi Lava Tour?

Melakukan tour Merapi memang menyuguhkan keindahan tersendiri sesuai dengan suasana dan waktunya. Berikut ini waktu yang paling tepat untuk mengunjunginya.

Pada Saat Musim Kemarau

Waktu paling tepat untuk mengunjungi dan melakukan tour di gunung Merapi yang pertama adalah saat musim kemarau tiba. Hal ini karena jalur yang akan dilewati aman, tidak tergenang sisa air hujan. Seperti yang kita ketahui, medan jalanan cukup terjal dengan batu dan pasir. Tentunya akan cukup beresiko bila dilewati saat musim hujan tiba. Kondisi jalanan akan becek, dan licin.

Jika kita berkunjung ke tempat ini saat musim kemarau tiba, gunung Merapi akan dengan jelas kita lihat karena cuaca mendukung. Namun, cahaya matahari juga akan menyisakan terik yang cukup menyengat.

Oleh sebab itu, pastikan untuk tetap menggunakan pakaian tertutup, mengoleskan sunblock, agar kulit terhindar dari paparan sinar matahari yang membakar kulit. Pastikan juga untuk menggunakan masker, agar debu dan pasir yang ada tidak mudah terhirup.

Namun begitu, sebagian orang lebih menikmati berkunjung saat musim hujan tiba. Biasanya, mereka yang menyukai berkunjung pada saat musim tiba, akan merasakan sensasi tersendiri dengan adrenaline yang lebih menantang.

Melakukan Merapi lava tour saat musim hujan juga harus bersiap terkena cipratan air maupun lumpur di medan sepanjang perjalanan. Sebaiknya siapkan pakaian ganti, dan peralatan mandi untuk mengatasi cipratan lumpur saat melewati track perjalanan.

Tips selanjutnya, jika Anda termasuk dalam pecinta sunrise, pilihlah momen keberangkatan dini hari untuk menyaksikan indahnya sunrise dari ketinggian. Menyaksikan sunrise dari kawasan Gunung Merapi tentu kana menyisakan momen tersendiri daripada tempat lain bukan?

Kesimpulan

Melakukan liburan yang bertema adventure atau petualangan memang sangat mengasyikkan dan memacu adrenaline tersendiri. Bagi Anda yang ingin melakukan liburan dengan tema petualangan seperti saat melakukan tour Merapi lava tour ini, hal yang paling utama untuk dipersiapkan adalah kondisi fisik dan stamina. Pastikan Anda berada dalam kondisi yang vit dan prima.

Selain itu juga, perhatikan bagaimana keuangan Anda. Usahakan untuk memiliki persiapan budget yang cukup, sehingga tidak terjadi hal-hal yang mengganggu waktu liburan Anda. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan barang persiapan telah terbawa seluruhnya. Persiapkan juga beberapa obat-obatan yang diperlukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak terprediksi sebelumnya.

Jika Anda berasal dari luar wilayah Yogyakarta, usahakan untuk mengetahui dengan cara mengecek seluk beluk medan, rute perjalanan, serta tempat-tempat penting sekitar Merapi Lava tour agar tidak kebingungan jika membutuhkan sesuatu.

COMMENTS

Nama

adventure,4,bandung offroad,4,batu,5,batu offroad,5,bromo,5,coban talun,1,fun offroad,12,highlight,13,hihglight,1,homestay,2,homestay bromo,2,informasi,1,jeep,1,jeep bromo,8,jeep gunung,3,jeep hardtop,1,jeep merapi,4,jeep semeru,1,jeep story,6,jeep willys,1,jogja offroad,4,landy offroad,1,lava tour,1,malang offroad,2,offroad jogja,1,paket wisata,1,pangandaran offroad,1,paralayang,1,penginapan,5,sewa jeep,4,sunrise view point,2,tour merapi,1,villa,3,villa batu,4,vw borobudur,1,vw indonesia,1,vw safari,2,yogyakarta,2,
ltr
item
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia: Merapi Lava Tour, Menikmati Suasana Merapi Dengan Gaya Berbeda
Merapi Lava Tour, Menikmati Suasana Merapi Dengan Gaya Berbeda
Jeep Merapi Lava Tour, alternatif liburan yang menawarkan pengalaman berbeda dan mengesankan dengan melintasi medan jalanan yang terjal dan berbatu.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3CJZgBh4nVxEAmE4xVEJp35O8WJ7JeBU7wqzxxjf3ieRNJ0SWu_tUUCaxkpQib5vHwza9Tp_ERXxw7RU-W9wZjOxPmAj89Q5CgSPZKqyEbk0GeakC20d4kfjiWJ1reWumdbOrYwfhNG2CiQmDa3eK_FSi1ChiJtRRBwIlrSxqA7-A45R8aGvT-A9_jw/s1200/merapi-lava-tour.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3CJZgBh4nVxEAmE4xVEJp35O8WJ7JeBU7wqzxxjf3ieRNJ0SWu_tUUCaxkpQib5vHwza9Tp_ERXxw7RU-W9wZjOxPmAj89Q5CgSPZKqyEbk0GeakC20d4kfjiWJ1reWumdbOrYwfhNG2CiQmDa3eK_FSi1ChiJtRRBwIlrSxqA7-A45R8aGvT-A9_jw/s72-c/merapi-lava-tour.png
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/merapi-lava-tour.html
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/merapi-lava-tour.html
true
6458023066515678611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content