Sejarah VW Safari di Indonesia serta Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenisnya

Sejarah VW Safari Indonesia, mobil yang dijuluki sebagai VW Camat di gemari oleh para kolektor bahkan digunakan sebagai kendaraan pengangkut wisatawan

sejarah vw safari indo

Sejarah VW Safari di Indonesia perlu untuk diperhatikan. Memang keberadaan VW Safari ini terbilang cukup langka sekarang ini, karena mobil ini tergolong cukup tua. Meskipun begitu mobil ini masih memiliki banyak peminat, harganya pun tergantung dengan kondisi mobil tersebut.

Sejarah VW Safari bermula pada tahun 1970 pada saat itu mobil ini digunakan sebagai kendaraan sipil bagi para pejabat pemerintahan. Makanya tak jarang kita melihatnya di berbagai dokumentasi sejarah, karena memang mobil ini juga digunakan saat Perang Dunia ke 2.

Mobil ini memiliki ciri khas dengan warna orange, mobil ini sudah berlalu-lalang di wilayah Indonesia selama bertahun-tahun pada saat itu. Sehingga tak jarang orang akan mengingatnya sebagai kendaraan perang karena memang pada saat itu juga digunakan sebagai angkutan tentara Jerman.

Sejarah VW Safari di Indonesia dan Jenisnya


Sejarah dari VW Safari di Indonesia ini juga dimulai pada saat angkatan perang Jerman memesan kendaraan ini untuk transportasi militer mereka. Makanya tak heran jika mobil ini sangat tangguh, selain itu juga sangat murah dan mudah dalam perawatan. Pada tahun 1969 inilah mobil VW Safari ini pertama diproduksi, pada saat itu diputuskan untuk memproduksi jenis VW Type sipil. Mobil ini di launching pertama kali juga pada tahun yang sama di Francfort showroom dan disinilah awal mula sejarah mobil ini berada di Indonesia.

Karena digunakan sebagai kendaraan pemerintah sipil sepert camat mobil ini juga sering dijuluki sebagai VW Camat. Sejarah VW Safari ni diproduksi dua periode yang pertama pada tahun 196-1972 dan periode kedua pada tahun 1972-1980. Melalui sejarah VW Safari di Indonesia inilah Mexico dapat memproduksi mobil jenis VW. Bahkan mereka juga mengekspor mobil ini di berbagai negara seperti Amerika serikat.

Mobil ini digemari oleh para kolektor bahkan tak jarang mobil ini digunakan sebagai pengangkut wisatawan. Makanya tak jarang kita menemukan mobil ini di berbagai tempat wisata terutama Bali, karena keunikannya banyak wisatawan lebih memilih menggunakan mobil ini. Sejarah VW Safari di negara ini memang sudah cukup lama adanya. Mobil ini dikenal di Indonesia dengan nama Volkswagen dengan tipe 181, dulunya mobil ini digunakan sebagai kendaraan operasi militer. Mobil ini juga pernah digunakan tentara Jerman pada saat Perang Dunia ke 2, pada masa itu tentara Jerman sangat membutuhkan kendaraan yang tangguh.

Memang mobil ini terkenal dengan ketangguhannya di berbagai medan dengan harga yang cukup terjangkau. Pada Perang Dunia ke 2 ini lah sejarah ini dimulai, makanya tak heran jika mobil ini terkenal karena sudah digunakan sejak perang dunia kedua. Karena digunakan dalam dunia militer tak heran jika mobil ini cukup kuat dan kokoh, pintunya juga terbuat dari baja yang sangat mudah dibongkar pasang. Mobil ini didesain cukup sederhana tetapi cukup fungsional sehingga tak heran bila mobil ini memiliki banyak peminat.

Sejarah VW Safari Di Indonesia ini juga berawal pada tahun 1970 yang pada saat itu kondisi jalan di Indonesia tidak memadai sehingga menyulitkan akses di berbagai daerah. Oleh karena itu pada masa itu pemerintah memesan mobil yang memenuhi kriteria dengan tempat tersebut. Pada masa itu mobil ini dipesan untuk sarana transportasi bagi para pejabat pemerintahan, seperti camat sebagai kendaraan sipil. Sebenarnya mobil ini tidak hanya populer di Indonesia saja, akan tetapi juga terkenal di berbagai negara salah satunya Amerika Serikat.

Meskipun mobil ini dibuat bukan untuk off road tetapi sudah didesain bisa digunakan pada berbagai medan dengan model yang sangat sederhana. Meskipun begitu mobil ini sangat mudah dipelihara namun sangat kuat dan tangguh. Sepanjang sejarah VW Safari di Indonesia ini hanya diproduksi dalam satu model saja, meskipun pada masa produksinya ada beberapa hal yang harus disempurnakan. Nah berikut ini beberapa jenis dari sejarah VW Safari.

VW Beetle

Dari sejarah VW Safari di Indonesia, kita mengenal VW Beetle ini. Mobil jenis ini sangat cocok digunakan untuk berwara-wiri di wilayah perkotaan, bahkan mobil ini juga sangat bisa diandalkan untuk balapan. Mobil ini juga sangat lincah sehingga tak heran jika digunakan untuk balapan, apalagi mobil ini sangat tangguh digunakan pada berbagai medan. Produksi mobil ini sudah dihentikan semenjak tahun 2003 hingga sekarang ini yang tersisa hanyalah mobil bekas di pasaran. Meskipun begitu mobil ini tetap memiliki banyak peminat, harganya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi serta tahun kendaraan tersebut dibuat.

Para konsumen sangat tertarik dengan mobil jenis ini karena alasan langka dan memiliki harga jual yang cukup mahal di pasaran. Bahkan di situs online harga beetle tahun 1964 dijual dengan harga kurang lebih Rp 149 juta, harga ini jauh lebih mahal dibandingkan keluaran 1973. Hal ini bisa terjadi dipengaruhi oleh umur mobil, karena memang semakin tua umur mobil tersebut maka semakin mahal di pasaran. Makanya tak jarang banyak yang menjadikannya sebagai investasi karena memang cukup mahal di pasaran.

VW Kombi

Dari sejarah VW Safari di Indonesia ini, ada jenis VW Kombi. Mobil ini berbentuk seperti mobil van dengan dilengkapi interior yang luas, makanya mobil ini sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga. Karena interior di dalamnya dapat menampung banyak orang dan barang, sehingga cocok digunakan untuk bertamasya. Mobil ini juga memiliki banyak varian seperti campervan, double cabin, pickup, dan samba, mobil jenis ini biasanya merupakan produksi dari Brazil dan Jerman. VW Kombi ini juga serupa dengan VW Beetle semakin tua umurnya maka semakin mahal harganya di pasaran.

Biasanya kombi tahun 1949 sampai 1966 lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 1968 sampai 1979, namun harga tersebut juga sesuai dengan kondisi kendaraan pada saat itu. Namun sekarang ini sudah tidak mudah mencari VW Kombi keluaran tahun 40-an sampai 60-an karena sudah langka. Anda hanya akan menemukan VW Kombi keluaran 70-an sampai 80-an di situs online dengan harga berkisar Rp 45 juta. Cukup terjangkau dibandingkan dengan jenis VW Beetle, namun juga tetap disesuaikan dengan kondisinya.

VW Safari

Jika Anda menyukai petualangan mobil ini sangat cocok bagi Anda, jenis safari ini sama fungsinya seperti mobil jeep. Mobil ini juga termasuk dalam mobil convertible dengan daya tarik tersendiri, dengan menggunakan mobil ini akan membuat Anda lebih puas dalam perjalanan. Mobil VW Safari ini sangat cocok Anda gunakan untuk berpetualang di pegunungan atau pantai, apalagi dengan atapnya yang terbuka. Akan menambah kesan tersendiri saat mengendarainya, makanya tak heran jika jenis ini banyak diminati dan harganya pun sangat tinggi.

Harga mobil VW Safari ini ini juga terbilang cukup mahal di pasaran apalagi sekarang cukup langka. Harganya berkisar dari 110 juta hingga 250 juta meskipun begitu masih banyak orang yang mencarinya. Mengingat sejarah VW Safari di Indonesia ini sudah sangat panjang, menjadi layak rasanya jika sampai sekarang mobil VW ini masih banyak diminati oleh para kolektor.

COMMENTS

Nama

adventure,4,bandung offroad,4,batu,5,batu offroad,5,bromo,5,coban talun,1,fun offroad,12,highlight,13,hihglight,1,homestay,2,homestay bromo,2,informasi,1,jeep,1,jeep bromo,8,jeep gunung,3,jeep hardtop,1,jeep merapi,4,jeep semeru,1,jeep story,6,jeep willys,1,jogja offroad,4,landy offroad,1,lava tour,1,malang offroad,2,offroad jogja,1,paket wisata,1,pangandaran offroad,1,paralayang,1,penginapan,5,sewa jeep,4,sunrise view point,2,tour merapi,1,villa,3,villa batu,4,vw borobudur,1,vw indonesia,1,vw safari,2,yogyakarta,2,
ltr
item
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia: Sejarah VW Safari di Indonesia serta Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenisnya
Sejarah VW Safari di Indonesia serta Mengenal Lebih Jauh Jenis-Jenisnya
Sejarah VW Safari Indonesia, mobil yang dijuluki sebagai VW Camat di gemari oleh para kolektor bahkan digunakan sebagai kendaraan pengangkut wisatawan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNp19GvRhD58S4_7Uvq2mIRVe0Z-Ac2PsiowAlKpw7_BWPrfC2PQl-DaH0EwRTmo-S-JPKo6Q9zAlRMzHyNRlWahgvaaEqXXk1UtBndNc5tLAHS5wBn7lBkfXXsWmS_OBA0pLv07Ie9PCEdjY-4tzr0JGnn2J2sv4ARDGPnfrGPmhPkDykf3GQivfyKA/s1200/sejarah-vw-safari-indonesia.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNp19GvRhD58S4_7Uvq2mIRVe0Z-Ac2PsiowAlKpw7_BWPrfC2PQl-DaH0EwRTmo-S-JPKo6Q9zAlRMzHyNRlWahgvaaEqXXk1UtBndNc5tLAHS5wBn7lBkfXXsWmS_OBA0pLv07Ie9PCEdjY-4tzr0JGnn2J2sv4ARDGPnfrGPmhPkDykf3GQivfyKA/s72-c/sejarah-vw-safari-indonesia.png
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/sejarah-vw-safari-indonesia.html
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/sejarah-vw-safari-indonesia.html
true
6458023066515678611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content