Mbah Marijan dan Gunung Merapi, Rekomendasi Destinasi Alam Sekitar

Mbah Marijan adalah sosok penjaga dan juru kunci Gunung Merapi yang namanya melegenda hingga saat ini, untuk masyarakat Tanah Air khususnya Pulau Jawa

mbah marijan juru kunci legenda gunung merapi

Mbah Marijan dan Gunung Merapi menjadi topik yang saling terkait satu sama lain. Sosok penjaga gunung berapi tersebut melegenda hingga akhir hayatnya. Untuk masyarakat tanah air khususnya pulau Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan juru kunci tersebut. Sempat juga menjadi bintang iklan minuman pembangikit stamina dengan jargon khasnya.

Nah untuk mengenang kembali masa hidupnya, Anda bisa berkunjung ke lereng Gunung Merapi. Tidak hanya berwisata alam dengan menumpang jeep kita bisa menikmati waktu dengan kilas balik Mbah Marijan. Liburan Anda pasti akan berbeda dengan hari biasanya. Maka dari itu kita bisa mendapatkan pengalaman baru yang seru dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Mbah Marijan dan Gunung Merapi, Rekomendasi Lengkap Destinasi Alam Sekitarnya


Nah sebelum masuk ke beberapa destinasi yang akan kita bahas kali ini. Kami akan memberikan informasi mengenai juru kunci bernama Marijan ini. Orang terbiasa memanggilnya dengan sebutan Mbah Marijan daripada nama aslinya Penewu Surakso Hargo atau Raden Ngabehi Surakso Hargo. Lahir pada 5 Februari 1927 dan menutup usia pada 26 Oktober 2010.

Setiap ada tanda mengenai erupsi Gunung Merapi warga selalu menunggu arahan dari Mbah Marijan terlebih dahulu. Mereka akan menunggu bagaimana pengamatan dari juru kunci yang Sri Sultan Hamengkubuwono IX tunjuk tersebut. Sehingga pada akhirnya erupsi terakhir tahun 2010 nya meletus terbesar. Saat itu pula Mbah Marijan bertahan bersama dengan beberapa warga Desa Pelemsari. Yang mengakibatkan mereka berpulang pada yang Maha Kuasa.

Destinasi Untuk Sekitar Merapi

Inilah mengapa jika topik Mbah Marijan dan Gunung Merapi selalu saling terkait hingga saat ini, begitu pula sebaliknya. Maka tidak heran jika hingga saat ini ketika berkunjung ke destinasi ini kita akan menilik napak tilas beliau yang masih terjaga hingga saat ini.

Nah berikut ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi destinasi wisata sekitar gunung merapi. Jadi jika Anda ingin berkunjung ke daerah ini tidak akan rugi diperjalanan saja.

Museum Gunung Merapi

Mbah Marijan dan Gunung Merapi akan saling terkait. Nah Anda bisa mengunjungi tempat ini untuk napak tilasnya, karena kita bisa belajar dan memahami mengenai gunung yang satu ini.

Pembangunan museum yang satu ini sejak tahun 2009 dan masih terawat hingga saat ini. Sering menjadi destinasi edukasi untuk para pelajar karena dalam museum ini kita bisa mempelajari hal penting.

Mulai dari pembentukan evolusi kerak bumi, lalu kondisi ketika gunung api kembali aktif. Beberapa tipe letusan juga cara mitigasi ketika terjadi hal yang tidak kita inginkan tersebut.

Untuk bisa masuk dan belajar banyak hal tersebut kita tidak perlu tiket mahal, cukup Rp 5000 saja. Alu kita bisa juga menikmati nonton dengan tiket lagi Rp 5000.

The Lost World Castle

Kedua kami akan memberikan rekomendasi tempat yang memiliki spot dan bangunan menarik ini. Karena lokasinya masih berada sekitar lereng Gunung Merapi jadi Anda bisa mampir sekalian ke lokasi ini.

Bangunan tempat ini sangat menarik seperti sedang berada diluar negeri. Untuk bisa berkunjung ke tempat ini kita harus membayarkan tiket Rp 25.000 perorangan dan juga untuk parkir.

Nah luas bangunan ini bahkan mencapai 1,3 hektar dengan berbagai spot menarik. Tidak heran jika kita bisa menikmati waktu dan juga berswafoto dengan latar berbeda-beda.

Dari lokasi ini kita bisa menyaksikan sendiri bahwa Gunung Merapi sedang berdiri gagah. Tidak heran jika banyak yang akhirnya tertarik untuk berkunjung ke destinasi yang satu ini.

The World Landmark Merapi Park

Mbah Marijan dan Gunung Merapi juga menjadi topik yang tidak akan ada habisnya. Nah kali ini kami memberikan rekomendasi tempat wisata yang dekat dengan gunung ini. Namun kita seperti sedang mengunjungi berbagai lokasi luar negeri. Pasalnya beberapa lokasi tersebut akan memiliki ikon dari negara lain. Misalnya menara paris, kincir angin dari Belanda dan beberapa replika dari negara lain. Tentu saja hal ini jadi hal menarik untuk warga tanah air. Lama penasaran dengan bentuk aslinya namun masih terhalang biaya. Maka solusinya adalah mengunjungi tempat yang satu ini.

Museum Ullen Sentalu

Tidak jauh dari Gunung Merapi Anda bisa menjajal untuk belajar edukasi mengenai sejarah berdirinya Yogyakarta. Mbah Marijan dan Gunung Merapi memang terkait dengan khas wisata alam Yogyakarta. Tidak heran jika banyak yang akhirnya mempertimbangkan untuk bisa berkunjung ke museum ini. Belajar sejarah dan budaya akan cocok sekali untuk berkunjung kesini.

Jadi untuk Anda yang menginginkan untuk bisa berkunjung ke museum ini perlu membayarkan tiket Rp 50.000 per orang. Namun ingat bahwa museum seperti ini memiliki beberapa peraturan yang harus Anda taati untuk bisa berkunjung dengan sopan. Cocok untuk orang yang memiliki ketertarikan dengan edukasi budaya, serta sejarah yogyakarta dari awal hingga terbentuknya saat ini.

Stonehenge Merapi

Mbah Marijan dan Gunung Merapi juga akan tetap bisa kita kenang hingga kapanpun. Namun ingat bahwa lokasi yang satu ini akan memberikan Anda pengalaman baru seperti keluar negeri. Bangunan ini seperti Situs Stonehenge yang berlokasi di Inggris. Namun kali ini untuk warga tanah air di lereng gunung merapi ini. Pemandangan sekitarnya masih sama menariknya karena berlatarkan Gunung merapi langsung. Sehingga kita tidak akan ragu lagi untuk mengunjunginya.

Jeep Wisata Lava Tour Merapi

Mbah Marijan dan Gunung Merapi juga akan lebih terasa jika kita mengikuti wisata yang satu ini. Tidak hanya itu saja kita bisa menikmati petualangan baru yang seru dan menarik. Pasalnya lokasi dan rutenya menantang berbeda dengan biasanya. Kita juga bisa memilih rute menyelesaikan dengan budget dan jaraknya. Jamnya bahkan fleksibel, mai dari sunrise, sunset atau lainya.

Mengunjungi bekas aliran lahar setelah letusan tahun 2010 silam membuat suasana napak tilas seperti ini semakin terasa. Namun cukup sayang karena kini lokasi penting sepert Bunker Kaliadem dan rumah mbah marijan sudah masuk ke zona merah. Karena masuk dalam radius 5 km untuk gunung merapi. Sehingga demi keamanan zona tersebut lebih baik dihindari saja. Namun dari jauh pun kita sudah terasa bagaimana hawa gunung ini.

Mbah Marijan Sosok Berjasa

Beberapa destinasi yang kita bahas tersebut berkaitan dengan Mbah Marijan dan Gunung Merapi. Nah maka dari itu Anda bisa memilih untuk mengunjungi beberapa yang sesuai dengan minat.

Sosok Mbah Marijan sendiri sempat mendapatkan penghargaan Anugerah Budaya tahun 2011. Pemerintah Provinsi DIY yang memberikannya pada kategori Pelestari Adat dan Tradisi.

Mbah Marijan dan Gunung Merapi jadi paket yang tidak terpisah. Bahkan beliau menjaganya hingga akhir hayatnya tanpa beranjak dari kediamannya tersebut. Tentu saja hal ini menjadikannya sosok yang tidak terlupakan sama sekali.

COMMENTS

Nama

adventure,4,bandung offroad,4,batu,5,batu offroad,5,bromo,5,coban talun,1,fun offroad,12,highlight,13,hihglight,1,homestay,2,homestay bromo,2,informasi,1,jeep,1,jeep bromo,8,jeep gunung,3,jeep hardtop,1,jeep merapi,4,jeep semeru,1,jeep story,6,jeep willys,1,jogja offroad,4,landy offroad,1,lava tour,1,malang offroad,2,offroad jogja,1,paket wisata,1,pangandaran offroad,1,paralayang,1,penginapan,5,sewa jeep,4,sunrise view point,2,tour merapi,1,villa,3,villa batu,4,vw borobudur,1,vw indonesia,1,vw safari,2,yogyakarta,2,
ltr
item
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia: Mbah Marijan dan Gunung Merapi, Rekomendasi Destinasi Alam Sekitar
Mbah Marijan dan Gunung Merapi, Rekomendasi Destinasi Alam Sekitar
Mbah Marijan adalah sosok penjaga dan juru kunci Gunung Merapi yang namanya melegenda hingga saat ini, untuk masyarakat Tanah Air khususnya Pulau Jawa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHA1cTcmXTKTKDpwhsa0mNIneytIHSfAKYB2pyT6YFZ_MVACaSRzY0gY8vtqEDkydNWr3XOK39OyJbEil09B_RiBP-SvO-v_UfDfLXlCUtO-XIg1wBu_9a0Q0Nnlnvlz4jro1B80c8D0Ovfz1lq3aWsPgzFflacuz8cwO61gNlKWuAPCaKMCHl_9wilg/s1200/mbah-marijan-gunung-merapi.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgHA1cTcmXTKTKDpwhsa0mNIneytIHSfAKYB2pyT6YFZ_MVACaSRzY0gY8vtqEDkydNWr3XOK39OyJbEil09B_RiBP-SvO-v_UfDfLXlCUtO-XIg1wBu_9a0Q0Nnlnvlz4jro1B80c8D0Ovfz1lq3aWsPgzFflacuz8cwO61gNlKWuAPCaKMCHl_9wilg/s72-c/mbah-marijan-gunung-merapi.png
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/mbah-marijan-gunung-merapi.html
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/mbah-marijan-gunung-merapi.html
true
6458023066515678611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content