Desa Wisata Nglinggo Jogja Suguhkan Destinasi Unggulan Nan Eksotis

Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo Jogjakarta adalah salah satu destinasi desa wisata yang banyak di minati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara

fun offroad desa wisata nglinggo jogjakarta

Desa Wisata Nglinggo Jogja merupakan salah satu desa wisata yang diminati para wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Destinasi wisata ini berada di lokasi Desa Nglinggo Kulon Progo Yogyakarta. Desa wisata ini berada di Samigaluh Kulon Progo yang dapat ditempuh dengan waktu 70 hingga 90 menit dari Kota Yogyakarta. Para wisatawan dapat melakukan hal seru di wisata ini dengan berbagai destinasi menarik.

Sejarah Desa Wisata Nglinggo Jogja Menurut Masyarakat

Sebenarnya Desa wisata Nglinggo ini sudah dirintis sejak tahun 2007. Awalnya masyarakat hanya memberikan pelayanan paket bermalam di rumah penduduk sekitar. Dulunya, wisatawan diajak beraktivitas mulai dari menderes nira, memetik teh hingga membuat aren. Wisatawan turut serta dalam kegiatan masyarakat dan Desa Wisata Nglinggo Jogja menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih pada malam harinya, wisatawan belajar tari Lengger Tapeng yang menjadi ikon budaya desa wisata ini.

Dari ketertarikan wisatawan tersebut akhirnya masyarakat memiliki inovasi untuk terus mengembangkannya. Kemudian pada tahun 2012, terdapat pembangunan jalan yang memudahkan untuk ke kebun teh Nglinggo. Dari pembangunan jalan ini yang semakin lancar akhirnya berdampak pada kunjungan para wisatawan. Saat ada perayaan pergantian tahun, desa wisata Nglinggo ini dibanjiri wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan kebun teh. Banyak wisatawan yang menikmati keindahan sambil nongkrong. Hal ini mendorong warga masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata desa ini.

Daya Tarik Desa Wisata Nglinggo

Desa wisata ini berada di atas perbukitan menoreh dan membentang luas. Sisi lain menjadi perbatasan antar Provinsi Yogyakarta serta Jawa Tengah. Wisata ini berada di ketinggian 1000 mdpl dengan suhu udara cukup dingin dan sejuk. Sebagai Desa Wisata Nglinggo Jogja yang cukup populer dengan kekayaannya, Nglinggo memiliki daya tarik sangat beragam.

Pesona Alam yang Indah

Salah satu keindahan panorama desa wisata ini adalah perkebunan teh. Perkebunan teh yang membentang luas memiliki potensi wisata dan panorama luar biasa indahnya. Wisata ini cukup berbeda dan unik dibanding wisata lainnya. Wisatawan dapat berkunjung ke spot wisata ini dengan berjalan kaki menyusuri petak perkebunan. Jika wisatawan sampai pada puncak kebun teh, maka mereka bisa menyaksikan pemandangan bukit batu yang berbentuk unik dan menarik. Terlebih dengan adanya hamparan lembah hijau, hutan pinus lebat yang menyegarkan mata.

Desa wisata ini menduduki peringkat ketiga se nasional dan memenuhi kriteria tempat pertemuan dengan kapasitas 100 orang dengan tempat parkir memadai dan luas.Pada Desa Wisata Nglinggo Jogja ini, wisatawan dapat menikmati bumi perkemahan dan homestay dengan suasana menginap lengkap dengan fasilitas terbaik.

Masyarakat sekitar perkebunan teh sebagian besar memiliki profesi sebagai petani dengan pendapatan dari kebun teh. Menariknya tidak sekedar teh saja, namun juga kopi, talas, singkong dan masih banyak lagi. Di kebun teh ini, para wisatawan memiliki kesempatan untuk membuat teh sendiri. Dari pengolahan ini menghasilkan rasa yang khas dan unik. terlebih aroma melatinya yang cukup khas menambah rasa segar pada teh.

Keindahan Air Terjun

Banyak wisatawan yang berkunjung dan mengagumi keindahan alam yang disuguhkan desa wisata ini. Keindahan alam ini salah satunya adanya air terjun cantik yang cukup memukau para pengunjung. Air terjun ini bisa menjadi spot foto terbaik untuk instagramable. terdapat air terjun di ketinggian 900 mdpl. Air terjun ini terkenal dengan nama Curug Watu Jonggol.

Pemandangan cukup indah dengan tebing batu tinggi turut menambah daya tarik Desa Wisata Nglinggo Jogja. Sebagian puncak air terjun tidak terlihat karena cukup sempit dan terhalang bongkahan batu. Meski demikian, pesona air terjun nampak alami dan menyegarkan. Air yang bening dan cipratan air alami membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Atraksi Budaya Paling Khas

Wisata desa Nglinggo memiliki atraksi budaya yang cukup populer. Salah satunya Tari Lengger Tapeng yang menjadi tradisi masyarakat di tempat ini dan sebagai penyalur nazar atau janji para masyarakat. Konon, tarian ini digunakan Sunan Kalijaga untuk menyebarkan Agama Islam hingga ke penjuru daerah. tarian ini memiliki berbagai nilai budaya serta sejarah yang berada dalam tari Lengger Tapeng tersebut.

Selain itu kesenian budaya yang lain yang juga masih dilestarikan oleh masyarakat adalah jathilan dan angguk. Bagi wisatawan yang datang ke desa wisata ini bisa belajar mengenai peternakan kambing, kesenian dan pertanian. Selain itu juga menikmati keindahan dengan belajar membatik khas Nglinggo.

Terdapat Spot Menarik

Desa Wisata Nglinggo Jogja ini memiliki spot-spot menarik dan instagenic. Wisatawan dapat menikmati indahnya bukit Ngisis. Bukit ini merupakan puncak bukit yang menjadi spot untuk melihat sunrise dan sunset yang indah. Wisatawan dapat berfoto di tempat-tempat seperti ayunan, panggung, mobil jip gantung dan jembatan. Semua menyajikan background yang menarik.

Rute dan Lokasi yang Mudah di Akses

Untuk menikmati semua keindahan yang disajikan wisata Nglinggo, wisatawan tak perlu kesulitan menemukan lokasi ini. Dari Yogyakarta, Anda bisa menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi maupun umum. Wisatawan hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta. Rute terbaik adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju jalan Godean.

Kemudian Anda berlanjut menuju ke arah barat dan melewati jembatan Sungai Progo yang terkenal. Nantinya Anda akan sampai di perempatan Kenteng Nanggulan. Dari sini Anda bisa ambil jalan ke arah utara atau kanan. Di pertengahan jalan, Anda akan menemukan perempatan Dekso kalibawang. Jika Anda sampai disini maka Anda ambil jalan ke arah kiri menuju Samigaluh atau Desa Wisata Nglinggo Jogja.

Anda tak perlu bingung, karena nanti akan ada petunjuk arah ke Desa Wisata ini. Wisatawan juga dapat memanfaatkan teknologi perangkat seperti aplikasi Google Maps untuk menemukan lokasi secara mudah. Caranya dengan mengetikkan Desa Wisata Nglinggo pada aplikasi tersebut dan mulai pencarian. Anda tinggal mengikuti rute yang tersedia di Google Maps.

Fasilitas yang Tersedia di Desa Wisata

Kini desa wisata ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Berkembangnya desa wisata menjadikannya tempat wisata yang mengedepankan fasilitas pengunjungnya. MUlai dari penginapan, tempat istirahat, mushola, parkir yang luas, tempat makan dan lainnya. Tempat makan di Desa Wisata Nglinggo Jogja menyajikan kuliner yang lezat dengan harga terjangkau. Sementara untuk tempat istirahat disediakan pihak desa wisata untuk wisatawan yang lelah menyusuri Desa wisata Nglinggo.

Dengan wisata tea walk, wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri kebun teh dan membantu masyarakat mengambil daun teh untuk diproduksi. Oleh karena itu adanya tempat istirahat sangat mendukung wisatawan untuk menikmati keindahan sambil beristirahat. Sementara untuk berlibur bersama keluarga yang menyenangkan sudah tersedia berbagai penginapan. Penginapan ini dengan harga terjangkau dan fasilitas yang memadai.

Tarif Harga Tiket

Desa Wisata Nglinggo memiliki tarif yang sangat murah. Wisatawan dapat membayar tiket masuk hanya dengan Rp 5000 per orang. Desa Wisata Nglinggo Jogja dengan tarif parkir kendaraan mulai dari Rp 1000 hingga Rp 2000 saja. Namun untuk tarif jalan-jalan menggunakan mobil jip, masing-masing orang menyesuaikan dengan lokasi wisata yang diinginkan.

COMMENTS

Nama

adventure,4,bandung offroad,4,batu,5,batu offroad,5,bromo,5,coban talun,1,fun offroad,12,highlight,13,hihglight,1,homestay,2,homestay bromo,2,informasi,1,jeep,1,jeep bromo,8,jeep gunung,3,jeep hardtop,1,jeep merapi,4,jeep semeru,1,jeep story,6,jeep willys,1,jogja offroad,4,landy offroad,1,lava tour,1,malang offroad,2,offroad jogja,1,paket wisata,1,pangandaran offroad,1,paralayang,1,penginapan,5,sewa jeep,4,sunrise view point,2,tour merapi,1,villa,3,villa batu,4,vw borobudur,1,vw indonesia,1,vw safari,2,yogyakarta,2,
ltr
item
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia: Desa Wisata Nglinggo Jogja Suguhkan Destinasi Unggulan Nan Eksotis
Desa Wisata Nglinggo Jogja Suguhkan Destinasi Unggulan Nan Eksotis
Desa Wisata Nglinggo Kulon Progo Jogjakarta adalah salah satu destinasi desa wisata yang banyak di minati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwRKp0KiOmrE07jqf23LCSQFi1QNkwlaprMfWzLSa-gvrbn6QCO53uetN_yrOiXBUz8njpyZZZEBwU7-pmkercKS_77SbdLkJkSUsZ4KnC_DDk7c0DgYVcPvNQndvu5huFqGWG2u0THKvwJf4oFPOG0kLR_wYdov-V5rFXzvqBhIChQb-fyThLtP4SmQ/s1200/desa-wisata-nglinggo-jogja.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwRKp0KiOmrE07jqf23LCSQFi1QNkwlaprMfWzLSa-gvrbn6QCO53uetN_yrOiXBUz8njpyZZZEBwU7-pmkercKS_77SbdLkJkSUsZ4KnC_DDk7c0DgYVcPvNQndvu5huFqGWG2u0THKvwJf4oFPOG0kLR_wYdov-V5rFXzvqBhIChQb-fyThLtP4SmQ/s72-c/desa-wisata-nglinggo-jogja.png
Fun Offroad, Jeep Gunung dan Jeep Wisata Indonesia
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/desa-wisata-nglinggo-jogja_6.html
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/
https://offroad.go-jeep.id/2022/07/desa-wisata-nglinggo-jogja_6.html
true
6458023066515678611
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content